Minggu, 17 Februari 2019 – 19:05 WIB

Survei IndEX: PDIP-PSI Paling Loyal ke Jokowi, Prabowo?

Rabu, 13 Februari 2019 – 23:28 WIB
Survei IndEX: PDIP-PSI Paling Loyal ke Jokowi, Prabowo? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Musim kampanye jelang Pemilu 2019 telah berlangsung hampir lima bulan. Pemilu kali ini merupakan untuk pertama kalinya berjalan serentak antara pemilihan anggota legislatif dengan pemilihan presiden (pileg dengan pilpres).

Partai-partai politik (parpol) dihadapkan pada tantangan bagaimana melakukan kampanye Pileg sekaligus mengampanyekan capres-cawapres.

Faktor representasi figur parpol dalam pasangan calon dan perbedaan di tiap-tiap wilayah memengaruhi pola kampanye pemilu serentak. Survei yang dilakukan oleh Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan di kubu Jokowi - Ma’ruf, hanya PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia yang mendapat efek elektoral berupa kenaikan elektabilitas.

“PDIP secara konsisten mengalami kenaikan, dari sebesar 23,1 persen dari Desember 2018, naik menjadi 25,7 persen pada Januari 2019. Dan terbaru 26,2 persen,” ungkap Direktur Eksekutif IndEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran persnya , Rabu (13/2).

Vivin menambahkan, PSI naik dari 1,2 persen dari Desember 2018 menjadi 2,3 persen pada Januari 2019 dan terbaru 2,8 persen.

Menurut Vivin, hal ini menunjukkan bahwa PDIP dan PSI paling memiliki loyalitas dalam memenangkan paslon Jokowi - Ma’ruf. Sosok Jokowi yang merepresentasikan PDIP merupakan faktor kuat bagi caleg dalam kampanye di daerah pemilihan, tanpa memperhitungkan apakah petahana kuat dalam benak konsituen.

Meskipun tidak terepresentasikan dalam figur paslon, PSI tampak menonjol dalam membela Jokowi ' Ma’ruf dan melancarkan kritik terhadap Prabowo-Sandi. “PSI kelihatan sangat agresif menyerang kampanye Prabowo-Sandi sampai-sampai memberikan Kebohongan Award," tutur Vivin.

Di tingkat dapil, lanjut Vivin, caleg-caleg PSI juga ditengarai aktif melakukan kampanye door to door mengampanyekan paslon Jokowi -Ma’ruf. Faktor lain turut menyumbang bagi kenaikan elektabilitas PSI, misalnya bersihnya mereka dari caleg mantan napi korupsi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar