Survei IPI: Banyak yang Tak Tahu Golkar Dukung Jokowi

Survei IPI: Banyak yang Tak Tahu Golkar Dukung Jokowi
Pak Jokowi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei IPI (Indikator Politik Indonesia) menunjukkan mayoritas responden tidak mengetahui sikap politik Partai Golkar yang mendukung Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019.

"Kami menanyakan apakah responden pernah mendengar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum, Golkar menegaskan dukungan kepada Joko Widodo sebagai calon presiden. Hasilnya, sebanyak 83,5 persen responden menyatakan tidak tahu. Hanya 16,5 persen yang menyatakan mendengar informasi itu," ujar Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei di kantor IPI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Menurut Burhanuddin, dari 16,5 persen yang mengetahui informasi Golkar mendukung Jokowi, sebanyak 80 persen menyatakan setuju. Sementara 12 persen menyatakan tidak setuju dan delapan persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Hasil yang sama juga terlihat dari sikap politik Partai NasDem yang telah mendeklarasikan dukungan pada Jokowi. Mayoritas responden atau 69,2 persen menyatakan tidak tahu dengan sikap politik partai pimpinan Surya Paloh tersebut.

Hanya 30,8 persen yang menyatakan mengetahui, dan mayoritas yang mengetahui informasi itu setuju dengan langkah Partai NasDem.

"Pada survei kali ini kami menanyakan apakah responden mengetahui slogan 'NasDem Partaiku, Jokowi Presidenku'. Hasilnya, sebanyak 80,6 persen menyatakan tidak tahu. Hanya 19,4 persen yang mengetahui slogan tersebut," kata Burhanuddin.

Survei IPI dilaksanakan pada 25-31 Maret 2018 lalu dengan jumlah sampel 1200 responden. Margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling.

Populasi survei warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu 2019. Yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. (gir/jpnn)


Survei IPI juga menunjukkan banyak responden tidak mengetahui slogan Nasdem Partaiku, Jokowi Presidenku.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News