Survei ISC: Sudirman Menang Tipis

Survei ISC: Sudirman Menang Tipis
Sudirman Said dan Ida Fauziah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Jelang pemungutan suara Pilkada Jawa tengah 2018, persaingan antara Ganjar Pranowo-Taj Yasin dengan Sudirman Said-Ida Fauziah semakin seru. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan lembaga Indonesia Survey Center (ISC) baru-baru ini.

"Sudirman menang tipis, karena Cagub Sudirman Said lebih bisa dipercaya membenahi masalah-masalah korupsi di Jawa Tengah," kata Direktur Lembaga Survei ISC Muhammad Ganiefi , di Jakarta, Kamis (14/6)

Pasangan Sudirman Said- Ida Fauziah yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN dan PKB ini memiliki peningkatan elektabilitas yang baik, menjelang hari H pemungutan suara, dibanding periode sebelumnya.

Menurut hasil survei lembaga ISC, elektabilitas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah sebesar 44,9,%, terpaut sangat tipis dengan Ganjar Pranowo-Taj Yassin yang berada diangka 44,4%, dan ini masih berada di ambang batas margin error 3,5%.

Dalam survei yang dilakukan lembaga ISC masih ada sekitar 10,7% responden yang masih belum menentukan pilihan (undecided voters).

Hal ini menjadi peluang yang baik, bagi tim sukses Sudirman Said juga tim sukses Ganjar Pranowo untuk bisa mendapatkan raihan suara warga Jateng yang belum menentukan pilihannya tersebut pada detik-detik akhir pencoblosan untuk meraih kemenangan.

Menurut Ganiefi, dalam Survei kali ini, Tim ISC memiliki beberapa temuan menarik. Diantaranya adalah :

Pertama, ada trend kenaikan elektabilitas Sudirman-Ida yang terus berlanjut. Bukan mustahil, petahana bisa tumbang oleh pendatang baru di Pilgub Jawa Tengah tahun 2013 bisa berulang. Apalagi, calon petahana sempat diterpa isu korupsi e-KTP.

Jelang pemungutan suara Pilkada Jawa tengah 2018, persaingan antara Ganjar Pranowo-Taj Yasin dengan Sudirman Said-Ida Fauziah semakin seru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News