Survei JJI: Airlangga Jadi Capres Favorit, Elektabilitas Ganjar Turun

Survei JJI: Airlangga Jadi Capres Favorit, Elektabilitas Ganjar Turun
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Humas Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) melakukan survei untuk mengetahui prefensi publik terhadap elektabilitas tokoh dan parpol setelah pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Survei itu melibatkan 2.081 responden yang merupakan WNI yang sudah memiliki hak pilih saat pemilu 2024. Survei mulai 29 Maret sampai 10 April 2023 di 420 kabupaten/ kota di 34 provinsi.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen dan memiliki tingkat kepercayaan 96 persen.

Koordinator JJJ Agusta Irawan mengatakan dampak penolakan timnas Israel di Piala Dunia U-20 sangat mempengaruhi elektabilitas bagi bakal capres dan partai.

Hasilnya, apabila pemilu diadakan saat ini, Partai Golkar mengeser posisi PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu 2019. Elektabilitas Partai Golkar 21,3 persen, kemudian urutan kedua ada partai Gerindra 15,3 persen, sedangkan urutan ketiga PDIP dengan 10,2 persen.

"Selanjutnya Demokrat 8,4 persen, PKB 7,3 persen, NasDem 6,2 persen, PPP 5,6 persen, Perindo 4,2 persen, PKS 3,2 persen, dan PAN 2,9 persen," ujar dia dalam siaran persnya, Jumat (14/4).

Survei juga menunjukkan jika penolakan Timnas Israel yang mengakibatkan gagalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia berdampak signifikan terhadap pilihan publik terhadap tokoh bakal capres dan parpol.

Hasil survei JJI menunjukan turunnya elektabilitas Ganjar Pranowo dan parpol sebagai penolak Timnas Israel pada Pildun U-20.

Hasil survei terbaru dari JJI menunjukkan bahwa Airlangga Hartarto menjadi sosok capres favorit. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo turun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News