Pengamat Sebut Dukungan Projo untuk Airlangga Kode Politik Jokowi

Pengamat Sebut Dukungan Projo untuk Airlangga Kode Politik Jokowi
Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri acara pasar murah di stadion mini Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu (8/4). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ali Rif’an mengatakan dukungan kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merupakan kode politik dari Presiden Jokowi.

Ali menyebut Airlangga adalah sosok yang sering di-endorse Jokowi selain Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

“Selain Ganjar, kemudian Prabowo sebenarnya yang sering di-endorse atau gestur Jokowi itu ke arah Airlangga. Jadi dukungan Projo ke Airlangga satu kode politik (Jokowi),” kata Ali saat dihubungi, Rabu (12/4).

Selain itu, Ali juga menilai dukungan Projo ke Airlangga dilatarbelakangi oleh loyalitas Airlangga ke Presiden Jokowi. Airlangga juga dianggap sukses menjalankan setiap perintah dan tugas yang diberikan Jokowi.

“Airlangga dinilai sukses membawa ekonomi Indonesia stabil, bahkan di posisi yang saat ini cukup genting di mana negara-negara dunia jadi pasien IMF dan Indonesia mampu melewati pandemi itu juga karena ada andil besar Menko Perekonomian. Salah satu target 5 tahun mendatang Indonesia memang di sektor ekonomi dalam hal ini pembangunan. Airlangga dinilian Presiden Jokowi punya performa di situ,” ujarnya.

Direktur Arus Survei Indonesia ini menambahkan, kuatnya daya tawar politik Partai Golkar disebut juga menjadi alasan dukungan Projo kepada Airlangga.

“Sokongan partai Golkar dengan perolehan kursi nomor dua setelah PDIP jadi ada harapan. Jadi itu menurut saya mengapa hari ini Projo memberi dukungan kepada Airlangga Hartarto,” katanya.

Ali berpendapat, dukungan politik dari kelompok relawan seperti Projo ini masih relevan dan penting dimiliki oleh seorang Calon Presiden (Capres). Menurutnya, kelompok relawan bisa menambah kekuatan elektoral di masyarakat.

Direktur Arus Survei Indonesia ini menambahkan, kuatnya daya tawar politik Partai Golkar disebut juga menjadi alasan dukungan Projo kepada Airlangga Hartarto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News