Didukung Projo, Airlangga Diprediksi Kecipratan Pemilih Jokowi

Didukung Projo, Airlangga Diprediksi Kecipratan Pemilih Jokowi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai kelompok sukarelawan Pro Jokowi (Projo) sebagai ahli komunikasi efektif yang makin menguning. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ikhwan Arif mengatakan dukungan kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang dinyatakan beberapa hari lalu menunjukan adanya distribusi dukungan dari pendukung dan pemilih presiden Joko Widodo.

Menurutnya, hal tersebut terbukti dengan menangnya Airlangga di sejumlah Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar pendukung Jokowi se-Indonesia.

"Berdasarkan Musyawarah Rakyat (Musra) yang diadakan oleh Projo di 6 Wilayah, terbukti arah dukungan pendukung Jokowi terdistribusi ke Airlangga, jadi sudah dipastikan bahwa Airlangga Hartarto salah satu kandidat terkuat yang akan melanjutkan program kerja pemerintah Jokowi nantinya di 2024," kata Ikhwan saat dihubungi, Selasa (11/4).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Power ini menilai, Projo mulai membaca perubahan peta koalisi politik setelah Jokowi melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh partai pendukung pemerintah beberapa hari lalu.

Oleh karena itu, untuk menjaga eksistensinya, Projo sepatutnya memilih tokoh-tokoh politik yang dekat dengan Presiden Jokowi seperti Airlangga Hartarto yang dinilai sebagai salah satu tokoh pro pemerintah yang akan melanjutkan program-program pemerintah.

"Hal ini yang menjadi magnet atau ketertarikan Projo mendukung Airlangga," ujarnya.

"Apalagi Airlangga dinilai sukses dalam membantu pemerintahan Jokowi terutama di bidang ekonomi, sehingga akan muncul penilaian bahwa Airlangga dinilai cocok melanjutkan kepemimpinan Jokowi," sambungnya.

Ikhwan menjelaskan dukungan politik dari kelompok relawan seperti Projo ini masih sangat relevan dalam konteks Pilpres.

Hal tersebut sudah terbukti dengan menangnya Airlangga di sejumlah Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar pendukung Jokowi se-Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News