Survei LKP: Golkar Paling Diminati Pemilih Pemula

Survei LKP: Golkar Paling Diminati Pemilih Pemula
Survei LKP: Golkar Paling Diminati Pemilih Pemula

jpnn.com - JAKARTA - Sebagai salah satu partai tertua, Golkar ternyata paling diminati oleh para kaum muda sebagai pemilih pemula dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini. Hal ini terungkap dari survei nasional Lembaga Klimatologi Politik (LKP) yang dilakukan 16-26 Maret 2014.

Survei yang dibiayai Yayasan Klimatologi Politik, ini dilakukan di 34 Provinsi dengan jumlah respon 1.240 orang melalui teknik multi stage random sampling. Margin error 2,8 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan responden berpedoman pada kuesioner.

"Dari analisis cross-tabilation yang dilakukan KLP, bagian terbesar (22,9%) pemilih pemula mengaku akan memilih Partai Golkar jika Pemilu dilaksanakan saat ini," kata Usman Rachman, CEO KLP saat merilis surveinya, Selasa (1/4) di Senayan, Jakarta.

Nah, di posisi kedua ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipilih oleh 20,4% pemilih pemula dan Partai Gerindra di posisi ketiga (15,6%). Di posisi empat ada Hanura (8,4%), Demokrat (6,1%) dan PAN (5,4%). Parpol lain meraih dukung pemilih pemula di bawah 5%.

Dikatakan, pemilih pemula dalam survei ini merupakan masyarakat yang berusia 16-21 tahun atau yang baru pertama memiliki hak pilih dalam Pemilu. Pemilih pemula pada umumnya berstatus pelajar SLTA hingga mahasiswa program diploma dan S-1. Banyak pula di antara pemilih pemula yang tidak bersekolah terutama di pedesaan.(fat/jpnn)

Berikut hasil survei nasional KLP terkait dukungan pemilih pemula terhadap parpol:

Partai Golkar: 22,9%
PDIP: 20,4%
Partai Gerindra: 15,6%
Partai Hanura: 8,4%
Partai Demokrat: 6,1%
PAN: 5,4%
PKB: 4,8%
PKS: 4,2%
Partai Nasdem: 3,6%
PPP: 3,6%
PBB: 1,3%
Undecided: 3,8%


JAKARTA - Sebagai salah satu partai tertua, Golkar ternyata paling diminati oleh para kaum muda sebagai pemilih pemula dalam Pemilihan Umum (Pemilu)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News