Survei LSI Denny JA: 47,6 Persen Anggota FPI Pilih Jokowi – Ma’ruf

Survei LSI Denny JA: 47,6 Persen Anggota FPI Pilih Jokowi – Ma’ruf
Massa Front Pembela Islam (FPI). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, anggota Front Pembela Islam (FPI) tidak solid mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Suara pemilih dari kalangan FPI rupanya masih banyak yang mengarah ke Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin.

Hasil LSI Denny JA, Prabowo - Sandiaga mendapat elektabilitas sebesar 52,4 sampai 58,8 persen pada pemilih FPI. Sementara itu, Jokowi memperoleh elektabilitas sebesar 41,2 sampai 47,6 persen.

"Secara angka, memang tidak terlalu jauh. Tidak sampai dobel digit," kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di kantornya, Jakarta, Selasa (2/4).

BACA JUGA: Survei LSI Denny JA: Jokowi Perhatian pada Rakyat, Prabowo?

Ardian mengatakan Jokowi berhasil mengubah pandangan negatif umat terkait anti-Islam. Publik belakangan menilai Jokowi bersahabat dengan umat Islam sehingga pemilih dari kalangan FPI mulai bersimpati.

"Mengapa (ada FPI yang dukung)? Karena persepsi bahwa Jokowi-Ma’ruf tidak ramah Islam dan ulama, lambat laun semakin terkikis," ungkap dia.

Berdasarkan temuan itu, Ardian menyanggah anggapan beberapa pihak yang menyebut FPI identik dengan Prabowo - Sandiaga. Sebab, hasil survei justru berkata sebaliknya.

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan, pemilih dari kalangan FPI banyak juga yang memilih pasangan capres – cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News