Survei LSI, Elektabilitas Ganjar dengan Prabowo Bersaing

Survei LSI, Elektabilitas Ganjar dengan Prabowo Bersaing
Elektabilitas Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto bersaing ketat berdasarkan temuan teranyar LSI berjudul Masalah-Masalah Sepak Bola dan Pilihan Politik. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Nama Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang bersaing sebagai elektabilitas tertinggi berdasarkan survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) berjudul Masalah-Masalah Sepak Bola dan Pilihan Politik.

Ganjar dalam simulasi terbuka atau top of mind menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dengan 25,5 persen, sedangkan Prabowo memperoleh 23,3 persen.

"Secara statistik sama kuat. Baru disusul kemudian Anies Baswedan dengan 13,2 persen," kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers secara daring, Rabu (4/10).

Elektabilitas Ganjar juga kembali unggul ketika LSI melakukan survei dalam simulasi 10 nama dengan capaian 26,8 persen, sedangkan Prabowo memperoleh 26,7 persen.

"Disusul kemudian Anies Baswedan. Nama lain di bawah 10 persen," lanjut Djayadi.

Namun, nama Prabowo malah unggul dibandingkan Ganjar ketika LSI melakukan survei dalam simulasi tiga nama dengan berbanding elektabilitas 34,0 persen serta 30,4 persen.

"Jadi, untuk tiga nama, Prabowo unggul tipis, tetapi secara statistik tidak signifikan," lanjut Djayadi.

Nama Prabowo kembali unggul dari Ganjar ketika LSI melakukan survei dua nama atau simulasi head to head.

Elektabilitas Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto bersaing ketat berdasarkan temuan teranyar LSI berjudul Masalah-Masalah Sepak Bola dan Pilihan Politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News