Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Kembali ke Peringkat Pertama

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Kembali ke Peringkat Pertama
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan perolehan 30,3 persen.

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 26,9 persen dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang meraih 25,3 persen.

"Untuk pertama kalinya sejak setahun terakhir, Prabowo Subianto kembali jadi nomor satu," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam pemaparan hasil survei, Minggu (9/4).

Djayadi mengatakan bahwa ketiga nama ini kini masih bersaing dalam bursa elektabilitas capres. Namun, dalam survei terbaru ini, tingkat elektabilitas Ganjar telah mengalami penurunan yang signifikan.

Pada Februari, elektabilitas Ganjar berada di angka 35 persen, namun pada April anjlok sebesar 8 persen.

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Kembali ke Peringkat Pertama

Paparan Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang disampaikan kepada media pada Minggu (9/4). Foto: dok Tim Media Prabowo

“Yang menarik ini adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo dan Anies cenderung mengalami penguatan dan cenderung stabil,” kata Djayadi.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan perolehan 30,3 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News