Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim Menguat

Survei LSN: Elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim Menguat
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) mencatat elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim) menguat.

Peneliti senior LSN Gema Nusantara Bakry menyebut Jatim tetap akan menjadi medan pertempuran (battleground) paling keras dari para capres seperti dua pilpres sebelumnya.

Pada Pilpres 2024, pertarungan sengit itu diprediksi akan terjadi antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Menurut Gema, pada semua pemilihan presiden sebelumnya, capres yang bisa menguasai Jawa Timur selalu memenangkan pilpres.

"Jawa Timur selain menjadi battleground paling sengit juga akan menjadi daerah penentu kemenangan seorang capres," ujar Gema dalam rilis survei LSN sebagai siaran pers, Sabtu (14/1).

Dari hasil survei LSN terbaru, jika Pilpres hanya diikuti tiga capres maka Prabowo dan Ganjar bersaing ketat menjadi pemenang.

Tercatat, 42,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara 41,9 persen memilih Ganjar. Lalu, 13,5 persen menjatuhkan pilihan kepada Anies Baswedan. Ada 2,3 persen sisanya belum memiliki pilihan (undecided).

Hasil survei LSN menggambarkan Ganjar unggul atas Prabowo dan Anies di daerah-daerah Mataraman atau beberapa kabupaten/kota di bagian barat Provinsi Jatim, sedangkan Prabowo mendominasi di Madura dan daerah-daerah tapal kuda.

Hasil survei LSN mencatat elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim menguat, tetapi bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo. Bagaimana dengan Anies Baswedan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News