Elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar Tak Tergoyahkan

Elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar Tak Tergoyahkan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: DPP Gerindra

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar sesuai penelitian terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) tidak tergoyahkan.

Hal itu tergambar dalam survei LSN tentang dinamika persaingan bakal calon presiden (capres) papan atas di Pulau Jawa yang dirilis, Sabtu (14/1).

Jika Pilpres diselenggarakan saat ini, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tetap juara di Jawa Barat (Jabar), seperti pada dua pilpres sebelumnya.

Survei LSN mencatat elektabilitas Prabowo di Jabar belum tergoyahkan. Itu sekaligus menjawab bahwa dugaan Anies Baswedan telah menggerus kantong-kantong suara menteri pertahanan RI itu di Jawa Barat tidak terbukti.

"Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra," kata peneliti senior LSN Gema Nusantara Bakry melalui siaran pers di Jakarta, kemarin.

Gema menjelaskan dalam simulasi tiga capres, 58,4 persen responden di Jabar mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres diselenggarakan saat ini.

Sementara, Anies Baswedan yang telah banyak bersafari bersama Partai Nasdem di berbagai daerah di Jabar hanya dipilih oleh 24,8 persen responden, sedangkan Ganjar Pranowo didukung oleh 13,2 responden. Sisanya (3,6 persen) belum punya pilihan (undecided).

Selain itu, Prabowo juga masih menjadi pemenang di Banten. Jika Pilpres dilaksanakan saat ini, elektabilitas Prabowo di atas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Survei terbaru LSN menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto di Jabar tidak tergoyahkan. Bagaimana dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News