JPNN.com

Survei: PDIP Berpeluang Hattrick di Pilpres 2024

Senin, 24 Februari 2020 – 06:00 WIB Survei: PDIP Berpeluang Hattrick di Pilpres 2024 - JPNN.com
Pengamat Politik Indo Barometer M Qodari menjadi pembicara pada diskusi bertema Perang Politik E-KTP, Jakarta, Sabtu (18/3). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai PDI Perjuangan bisa menjadi partai politik pemenang yang menciptakan hattrick di Pilpres 2024. Prediksi itu merujuk hasil survei Indo Barometer per Januari 2020 ini yang menemukan masyarakat masih menyukai PDIP dibanding Gerindra dan Golkar.

"Jadi ada peluang bagi PDI Perjuangan katakanlah menang tiga kali berturut-turut atau hattrick," kata Qodari di sela merilis survei bertajuk "Road To Capres dan Parpol 2024" di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (23/2).

Qodari menganggap peluang PDIP menciptakan sejarah baru sangat terbuka.

Di samping itu, Qodari juga melihat banyak tantangan bagi partai politik baru untuk bersaing di pemilu selanjutnya. Terlebih parliamentary threshold diwacanakan meningkat.

"Seperti yang sudah tadi disampaikan kalau dulu itu setiap pemilu ada dua partai baru yang masuk DPR. Pada 2014 itu cuma satu, 2019 bahkan nol, tidak satu pun partai baru yang bisa masuk," kata dia.

Seperti ditengahi, Indo Barometer menyebut PDI Perjuangan masih menjadi partai paling disukai saat ini. Hal ini terungkap setelah Indo Barometer merekam keinginan masyarakat lewat survei dengan simulasi terhadap 16 nama partai politik.

Dukungan publik terhadap parpol saat ini yaitu PDI Perjuangan 24,8 persen. Menyusul Gerindra (14,8 persen), Golkar (8,1 persen), PKS (7,8 persen), PKB (5,6 persen), Demokrat (5,5 persen) dan NasDem (2,5 persen).

Sedangkan PAN (2,4 persen), PPP (2,3 persen), Perindo (2 persen), PSI (0,8 persen), Hanura (0,4 persen), PBB (0,2 persen), Berkarya (0,1 persen), Garuda dan PKPI (0 persen). (tan/jpnn)
Siapa Idola Sesungguhnya?

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...