Survei Poltracking di Jatim: Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Jauh Ungguli Figur Lain

Survei Poltracking di Jatim: Elektabilitas Erick Thohir Sebagai Cawapres Jauh Ungguli Figur Lain
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Tim media Erick Thohir

jpnn.com, JAKARTA - Survei yang dilakukan Poltracking Indonesia khusus untuk daerah pemilihan Jawa Timur menunjukkan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pilihan teratas warga di provinsi itu, baik di kawasan Tapal Kuda, Madura, Arek, Mataraman, hingga ke Pantura.

Dalam survei tersebut, sebanyak 19,8 persen responden memilih Erick sebagai sosok yang tepat menjadi cawapres pada Pilpres 2024.

Sementara figur cawapres lainnya yang muncul ialah Mahfud MD (15,2 persen); Muhaimin Iskandar (14,7 persen); dan Khofifah Indar Parawansa (13,7 persen). Ini merupakan hasil survei atas simulasi 11 nama Cawapres.

Berbeda dengan ketiga figur lainnya itu, jarak keterpilihan Erick terhadap sosok Mahfud MD mencapai 4,6 persen sehingga melampaui Margin of Error survei yang mencapai 3,1 persen.

“Angka-angka ini (selisih elektoral antara Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Khofifah Indar Parawansa) di bawah Margin. Kecuali Erick Thohir. Mahfud MD disebut ada di poros Ganjar, dan Khofifah ada di Poros Ganjar dan Prabowo Subianto, namun masih di bawah Margin of Error, artinya masih ketat,” ujar Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Pada kesempatan tersebut Arya Budi mengungkapan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia yang bertemakan Peta Kekuatan Elektoral capres–cawapres di provinsi penentu dan terpadat kedua Jawa Timur.

Lebih lanjut, nama Erick juga tetap menjadi pilihan teratas warga Jawa Timur dalam simulasi 10 nama.

Berbeda dengan simulasi 11 nama, dalam simulasi 10 nama ini tidak dimunculkan nama Gibran Rakabuming Raka.

Survei Poltracking Indonesia khusus untuk daerah pemilihan Jatim menunjukkan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pilihan teratas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News