Survei Roda Tiga Konsultan: Akhyar Nasution Unggul Jauh dari Menantu Jokowi

Survei Roda Tiga Konsultan: Akhyar Nasution Unggul Jauh dari Menantu Jokowi
Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution (tengah). Ilustrasi Foto: ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

jpnn.com, JAKARTA - Roda Tiga Konsultan baru-baru ini melakukan survei cepat di Kota Medan untuk mengetahui tingkat elektabilitas dua pasangan calon yang bertarung di pilkada ibu kota Provinsi Sumatera Utara tersebut .

Survei cepat ini dilakukan pada tanggal 8 sampai 11 November 2020, dengan melibatkan 810 Responden yang dipilih secara proporsional dari seluruh Kecamatan di Kota Medan. Sehingga, Margin of Error (MoE) di sekitar 3.53% dan Confidence Level 95%.

"Survei cepat ini meminta responden untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara spesimen. Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap kedua pasangan calon," ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan M Taufiq Arif dalam keterangan pers yang diterima JPNN, Jumat (20/11).

Dari hasil simulasi tersebut pasangan nomor urut 01, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi meraih nilai elektoral 53,1 Persen. Sedangkan pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman meraih nilai elektoral 37,3 persen. Sementara 9,6 persen responden laiinnya menolak melakukan simulasi.

Selain melakukan simulasi surat suara, dalam survei juga ditanyakan langsung kepada responden mengenai pilihan mereka jika pilkada digelar hari ini.

"Hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi pasangan nomor urut 01 meraih nilai elektoral yang konsisten dengan hasil simulasi yakni 53,1 persen," ujar Taufiq.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut 02, lanjut dia, meraih nilai elektoral 37,9 persen, alias ketinggalan 15,2 persen dari pasangan no urut 01. Sisanya, 7,3 persen memilih merahasiakan pilihan dan sebesar 1,7 persen menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

Survei ini juga mengukur strong voters kedua pasangan calon Pilkada Medan. Hasilnya, sebanyak 51,5 persen responden sudah merasa mantap memilih Akhyar-Salman. Sementra 1,6 persen mengatakan belum yakin atau masih ragu dengan pilihannya.

Hasil survei Pilkada Medan yang dilakukan Roda Tiga Konsultan jadi kabar buruk bagi menantu Bobby Nasution, sang menantu Presiden Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News