Survei: Rusli-Idris Berpeluang Besar Terpilih Lagi

Survei: Rusli-Idris Berpeluang Besar Terpilih Lagi
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pasangan petahana Pilkada Gorontalo Rusli Habibie–Idris Rahim konsisten berada di posisi teratas menurut survei yang dilakukan Celebes Research Centre (CRC) sejak Maret-Desember 2016.

Pada survei terakhir yang dilakukan pada medio 15-23 Desember, dalam simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Rusli-Idris (NKRI) mencapai 67.7 persen. Meninggalkan jauh pasangan Hana Hasanah –Tony Junus (HATI) sebesar 11.5 persen dan pasangan Zainudin Hasan – Adhan Dambea (Zihad) sebesar 9.1 persen.

Sedangkan jumlah responden yang belum menentukan sikap (undecided voters) tinggal 11.7 persen .

Direktur Riset CRC, Imam Soeyoeti, mengatakan, survey ini mengambil sample 800 responden yang tersebar proporsional di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Survei ini memakai metode penarikan sampel multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 3.5% pada selang kepercayaan 95%.

“Survei CRC pada akhir Desember menunjukkan bahwa pasangan petahana Rusli-Idris, masih unggul dengan selisih yang signifikan dari dua kompetitornya, pasangan Hana-Toni dan Zainudin – Adhan,” kata Imam Soeyoeti, saat rilis hasil survey dan diskusi publik preferensi pemilih di Pilkada Provinsi Gorontalo, di Grand Q Hotel, Kota Gorontalo, Jumat (6/1).

Imam menjelaskan, pada pertanyaan spontan (Top of Mind), seandainya pilkada dilangsungkan saat survei digelar, angka elektabilitas Rusli Habibie mencapai 62,4persen.

Unggul jauh dari Hana Hasanah dengan elektabilitas 9,6 persen, Zainudin Hasan 4,3 persen, Adhan Dambea 2,5 persen dan Toni Yunus sebesar 0,4 persen. Serta 20,8% pemilih belum menentukan sikap (undecided voters).

 Pasangan petahana Pilkada Gorontalo Rusli Habibie–Idris Rahim konsisten berada di posisi teratas menurut survei yang dilakukan Celebes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News