Survei Serologi Terbaru: Antibodi Masyarakat Meningkat Jelang Lebaran

Survei Serologi Terbaru: Antibodi Masyarakat Meningkat Jelang Lebaran
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ungkap hasil survei serologi terbaru. Ilustrasi Foto: tangkapan layar Zoom/Kemenkes

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap hasil survei serologi atau sero survei terbaru menunjukkan peningkatan antibodi masyarakat Indonesia.

Menked Budi menjelaskan survei serologi itu dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Pada Desember 2021 lalu, sero survei menunjukkan 88,6 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi yang berasal dari vaksinasi atau infeksi Covid-19.

"Sebelum Lebaran mulai, kami melakukan sero survei yang kedua agar kebijakan yang pemerintah ambil untuk menghadapi lebaran ini ada basis risetnya," kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Senin (18/4).

Eks wakil menteri BUMN itu mengungkap saat ini kadar antibodi masyarakat Indonesia meningkat menjadi 99,2 persen.

Selain itu, sero survei yang dilakukan juga mengukur kadar antibodi dalam tubuh.

"Jadi, kalau di bulan Desember kami lakukan sero survei, ordenya masih di angka ratusan titer antibodinya sekitar 500-600, di bulan Maret ini ordenya sudah di angka ribuan, sekitar tujuh ribu sampai delapan ribu," tutur pria yang akrab disapa dengan inisial BGS itu.

Artinya, lanjut dia, bukan hanya banyak masyarakat Indonesia yang telah memiliki antibodi, tetapi kadar antibodinya juga meningkat.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut hasil survei serologi terbaru menunjukkan antibodi masyarakat meningkat jelang Lebaran 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News