Survei Terbaru: Bandingkan Elektabilitas Ganjar, Puan, Gibran, Lihat juga Posisi Terbawah

Survei Terbaru: Bandingkan Elektabilitas Ganjar, Puan, Gibran, Lihat juga Posisi Terbawah
Hasil survei terbaru Indikator Politik terkait elektabilitas kandidat capres di Pilpres 2024, yang dipaparkan secara daring, Kamis (18/5/2023). Foto: tangkapan layar/ANTARA/Tri Meilani Ameliya

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 30 April—5 Mei 2023 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo melambung tinggi sebesar 9,5 persen.

Elektabilitas Ganjar melambung seusai gubernur Jawa Tengah itu dideklarasikan sebagai capres dari PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Suara Ganjar (elektabilitas sebagai capres) rebound (melambung) usai deklarasi PDIP dan PPP. Rebound-nya cukup tajam," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi ketika menyampaikan hasil survei Indikator bertajuk Peta Elektoral Pascadeklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP dan PPP secara daring, sebagaimana dipantau di Jakarta, Kamis (18/5).

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia itu, dari simulasi 19 nama, elektabilitas Ganjar menduduki posisi teratas, yakni sebesar 29,3 persen.

Posisi kedua Prabowo Subianto ddengan elektabilitas sebesar 24,2 persen.

Adapun, elektabiltas Anies Baswedan berada 21,8 persen, menempati posisi ketiga.

Sebelumnya, elektabilitas Ganjar berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 8—13 April 2023 berada di angka 19,8 persen.

Pada saat itu elektabilitas Ganjar mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil survei Indikator Politik pada bulan Maret 2023 yang menunjukkan elektabilitasnya berada di angka 27,7 persen.

Silakan bandingkan elektabilitas Ganjar Pranowo dengan Puan Maharani, dan Gibran Rakabuming berdasar hasil surveii terbaru terkait Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News