Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, 5 Nama Teratas

Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, 5 Nama Teratas
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Media Nasional (Median) mengenai elektabilitas kandidat capres di Pilpres 2019 menujukkan ada lima nama menempati posisi teratas.

Teratas masih ditempati Jokowi, disusul Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Jusuf Kalla, Anies Baswedan.

Hal itu tertuang dalam hasil survei Lembaga survei Median yang dilakukan dari 24 Maret sampai 6 April 2018.

"Lima besar capres elektabilitas terbesar adalah Joko Widodo (36,2 persen), Prabowo (20,4), Gatot (7,0), Jusuf Kalla (4,3) dan Anies Baswedan (2,0 persen). Namun Gatot mengalami kenaikan suara mengalahkan (kenaikan suara) Jokowi dalam dua bulan terakhir. Sedangkan yang lain justru menurun," kata Direktur Riset Median, Sudarto, dalam penyampaian hasil surveinya di Jakarta, Senin (16/4).

Sudarto menjelaskan, elektabilitas Gatot mengalami kenaikan 1,5 persen dari 5,5 di bulan Februari menjadi 7,0 persen di bulan April. "Sedangkan Jokowi hanya mengalami kenaikan 1,2 persen,” katanya.

Sedangkan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengalami penurunan suara 0,8 persen, dari 21,2 di bulan Februari menjadi 20,4 persen.

Nasib sama juga dialami oleh Anies Baswedan yang mengalami penurunan sebesar 2,5 persen, dari 4,5 di bulan Februari menjadi 2,0 persen di bulan April.

Survei dengan 1.200 reseponden, margin of error sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (dil)


Survei terbaru Median terkait elektabilitas kandidat capres di Pilpres 2019, Gatot Nurmantyo mengalami kenaikan lumayan.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News