Survei Terbaru: Ganjar Mengungguli Prabowo dan Anies di Jatim, Lihat Datanya

Survei Terbaru: Ganjar Mengungguli Prabowo dan Anies di Jatim, Lihat Datanya
Bakal capres Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara pada Kuliah Kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/9). Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden atau Capres 2024 Ganjar Pranowo mengungguli dua rivalnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam survei Indikator Politik Indonesia di Jawa Timur yang digelar 14-20 September 2023.?

Dalam survei ini, Indikator mengusung tema Signifikansi NU dan Peta Elektoral Menjelang Pemilu 2024 di Jawa Timur (Jatim) yang disiarkan melalui YouTube, Minggu (1/10).

Survei Terbaru: Ganjar Mengungguli Prabowo dan Anies di Jatim, Lihat Datanya

Di awal paparannya, peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan dalam kasus di Indonesia, pemenang Pilpres sering? kali sangat ditentukan oleh peta elektoral di Jatim.

Sebagai catatan, dia menyebut per 2004, tidak ada capres yang bisa memenangkan pemilu secara nasional tanpa menang di Jatim.

Fakta ini menurutnya terjadi di era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi kalah dua kali di Jawa Barat 2014 dan 2019, tetapi ujungnya pak Jokowi tetap menang karena menang di Jawa Timur. Ini juga terjadi di zaman Pak SBY 2004 dan 2009," ujarnya.

Ganjar Unggul dalam 4 Simulasi

Selanjutnya, Burhanuddin memaparkan hasil survei lembaganya yang mempe?rlihatkan keunggulan elektabilitas Ganjar Pranowo dibanding rival-rival politiknya me?njelang Pilpres 2024.

Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jatim, daerah yang jadi kunci kemenangan di Pilpres sejak 2004.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News