Survei Terbaru Jelang Pilpres 2024: Elektabilitas Gibran Mengejutkan

Survei Terbaru Jelang Pilpres 2024: Elektabilitas Gibran Mengejutkan
Elektabilitas Gibran Rakabuming Raka lumayan. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan signifikan, elektabilitas Gibran Rakabuming lumayan.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan bahwa sejumlah pengamat sempat menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo akan mengalami rebound setelah dideklarasikan sebagai capres oleh PDI Perjuangan, nyatanya tidak terkonfirmasi dalam survei LSN kali ini.

"Elektabilitas Ganjar tetap terbenam dan makin jauh tertinggal dari Prabowo menyusul pernyataan kontroversialnya yang menolak kehadiran timnas Israel dan berbuntut dibatalkannya Indonesia sebagai host Piala Dunia U-20," ujar Gema di Jakarta, Kamis (4/5).

Dia mengatakan, meski orang Indonesia dikenal sebagai "bangsa pelupa", tetapi menurutnya publik kelihatannya sulit untuk memaafkan kesalahan Ganjar yang membuat Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia.

Gema menilai, publik telanjur kecewa, marah, dan sakit hati kepada Ganjar sehingga apa pun upaya Gubernur Jawa Tengah itu untuk merebut kembali dukungan publik kelihatannya akan tidak mudah.

Selain berdampak pada terbenamnya elektabilitas Ganjar Pranowo, lanjut Gema, batalnya Piala Dunia U-20 juga berpengaruh pada elektabilitas PDI Perjuangan.

Berdasarkan hasil survei LSN, jika pemilu dilaksanakan saat ini, hanya 17,6 persen responden mengaku akan memilih PDI Perjuangan.

Dengan demikian, tingkat dukungan terhadap PDI Perjuangan merosot sekitar 5 persen dari survei LSN sebelumnya.

Siapa cawapres pendamping Prabowo di Pilpres 2024? Hasil survei terbaru LSN menunjukkan elektabilitas Gibran Rakabuming lumayan, mengalahkan Muhaimin Iskandar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News