Survei UI: Anak Muda Inginkan Perempuan Jadi Presiden

Survei UI: Anak Muda Inginkan Perempuan Jadi Presiden
Hasil survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan International NGO Forum on Indonesian Development menunjukkan bahwa anak muda menginginkan perempuan menjadi presiden Indonesia. Ilustrasi Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan International NGO Forum on Indonesian Development menunjukkan bahwa anak muda menginginkan perempuan menjadi presiden Indonesia.

Koordinator Penelitian LD FEB UI Alfindra Primaldhi mengatakan sebanyak 46 persen dukungan berasal dari generasi Z (berusia 18—24 tahun) dan sisanya 42 persen dari generasi milenial (berusia 25—40 tahun).

"Responden laki-laki gen Z dan milenial sebanyak 34,4 persen mendukung atau setuju perempuan bisa menjadi presiden, sementara kelompok perempuan sebanyak 52,6 persen," kata Alfindra Primaldhi dalam diskusi virtual bertema Sikap dan Pandangan Generasi Z dan Millenial di Indonesia terhadap Toleransi, Kebinekaan, dan Kebebasan Beragama, Kamis (14/7).

Dia menegaskan survei tersebut menunjukkan lebih besar kelompok perempuan yang mendukung wanita menjadi presiden.

Alfindra dan tim tidak menanyakan alasan responden itu memberikan dukungan mereka..

Namun, dia menduga terdapat kiprah positif perempuan di Indonesia sebagai pemimpin pada berbagai bidang.

"Memang sekarang ini di Indonesia sudah banyak sosok perempuan di tingkat pimpinan. Mereka tidak kalah hebat dan berhasil jika dibandingkan dengan pemimpin laki-laki," kata peneliti di Pusat Kajian Terorisme dan Konflik Sosial UI itu.

Di sisi lain, lanjut Alfindra, keterbukaan akses informasi dan digitalisasi turut berperan memudahkan para responden melihat sosok-sosok pemimpin perempuan hebat.

Banyak kiprah positif perempuan di Indonesia sebagai pemimpin di berbagai bidang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News