Survei: PDIP Unggul Dalam Meraih Suara Wong Cilik

Survei: PDIP Unggul Dalam Meraih Suara Wong Cilik
PDI Perjuangan. Ilustrasi Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan PDIP masih unggul dalam mendapatkan suara dari masyarakat berpenghasilan dan pendidikan rendah atau wong cilik.

Peneliti LSI Denny JA Ade Maulana menjelaskan terdapat 69,9 persen masyarakat masuk dalam kategori wong cilik yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3 juta.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, 24,9 persen dari wong cilik dengan penghasilan rendah memilih PDIP.

"Saat ini, di kantong wong cilik, poros PDIP lebih unggul terhadap poros lainnya,” kata Ade dalam konferensi pers, Rabu (6/7).

Di sisi lain, poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapatkan 17,2 persen suara wong cilik.

Kemudian, poros Partai Gerinda dan Partai Kebangkitan Bangsa memiliki 19,1 persen, partai lain 13,1 persen, dan 25,7 persen lainnya tidak menjawab.

Pada segmen pendidikan rendah, dukungan terhadap PDIP sebesar 25 persen, poros KIB 18,1 persen, dan poros Gerindra-PKB 18,7 persen.

Lalu, partai-partai lain mendapatkan dukungan 12,2 persen dari masyarakat berpendidikan rendah dan 26 persen lainnya tidak menjawab.

LSI Denny JA mengungkapkan PDIP masih unggul dalam mendapatkan suara dari masyarakat berpenghasilan rendah atau wong cilik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News