Survei WI: Pemilih Perempuan Mayoritas Ingin Airlangga Teruskan Jokowi

Survei WI: Pemilih Perempuan Mayoritas Ingin Airlangga Teruskan Jokowi
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil penelitian Warna Institut (WI) menyatakan pemilih perempuan mayoritas menginginkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meneruskan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasil simulasi nama-nama tokoh bakal capres yang disodorkan pada 2.200 kaum perempuan ketika diminta untuk memilih tokoh mana yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini, hasilnya nama Airlangga Hartarto paling tinggi tingkat keterpilihannya.

Sebanyak 37,9 persen memilih Airlangga Hartarto sebagai presiden penerus Jokowi kemudian disusul oleh Prabowo sebanyak 20,8 persen.

Di urutan ketiga Ganjar Pranowo dipilih sebanyak 10,8 persen kaum perempuan dan sebanyak 6,8 persen kaum perempuan memilih Anies Baswedan dan selebihnya memilih tokoh lainnya, dan sebanyak 23,7 persen tidak menjawab.

"Golkar 21,1 persen, PDIP 18,3 persen, Gerindra 17,9 persen, Demokrat 12,8 persen, PKB 5,3 persen, PKS 4,9 persen, NasDem 4,3 persen, Perindo 4,1 persen, PPP 2,9 persen, PAN 2,2 persen dan parpol lain digabungkan sebanyak 4,8 persen dan sisanya tidak memilih sebanyak 1,4 persen," kata Direktur Executive Warna Institute Frika Faudilah lewat keterangan tertulis, Rabu (28/6).

Frika Faudilah mengungkapkan sebanyak 86,7 persen tidak menyukai bakal capres yang ambisius dan hanya pencitraan. Tetapi, sebanyak 87,8 persen kaum wanita menyukai dan menerima tokoh yang punya rekam jejak kinerjanya yang berdampak pada ekonomi keluarga kaum perempuan.

Frika menyebutkan dari keempat tokoh yang dipilih oleh kaum perempuan maka hasilnya, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo, Anies Baswedan, dan Airlangga Hartarto, 54,9 persen kaum perempuan program dan kinerja Airlangga Hartarto selama menjabat sebagai Menko Perekonomian paling berpengaruh positif terhadap kehidupan ekonomi keluarga mereka.

Sedangkan sebanyak 11,8 persen kaum perempuan menyatakan mereka merasakan kinerja dan program Prabowo Subianto sebagai Menhan dan sebanyak 5,3 persen.

Hasil penelitian Warna Institut menyatakan pemilih perempuan mayoritas menginginkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meneruskan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News