Surya Paloh: Pancasila Pemersatu Bangsa

Surya Paloh: Pancasila Pemersatu Bangsa
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan Pancasila merupakan sebuah alat pemersatu keberagaman bangsa Indonesia di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan Pancasila merupakan sebuah alat pemersatu keberagaman bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam Silaturrahmi Nasional (Silatnas) memperingati hari lahir Pancasila di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (2/6).

"77 tahun, Pancasila berada di tengah kehidupan masyarakat kita. Para founding father ini telah mencurahkan hasil kontemplasinya. Ini sebuah kekuatan untuk menyatukan Indonesia," kata Surya Paloh dalam pidatonya.

Dia juga menyebutkan bahkan nilai-nilai dasar Pancasila juga sudah pernah ditawarkan untuk bangsa lain.

"Jadi, kenapa kita harus menjadikan Pancasila menjadi way of life bagi bangsa Indonesia," jelasnya.

Tak hanya itu, dia menyebutkan tugas semua orang untuk menjadikan Pancasila sebagai jiwa dan dasar bertindak bukan hanya sebagai kata-kata.

"Di situ tugas kita semua. Kita harus menjadikan Pancasila sebagai jiwa kita semua tidak hanya sebatas retorika," pungkasnya.

Silaturahmi yang mengangkat tema "Kita Pancasila" itu dihadiri oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan Pancasila merupakan sebuah alat pemersatu keberagaman bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News