Komisi X DPR Dorong Festival Pancasila untuk Peserta Didik Baru

Komisi X DPR Dorong Festival Pancasila untuk Peserta Didik Baru
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mendorong Kemendikbudristek untuk menggelar festival Pancasila bagi peserta didik baru di setiap jenjang pendidikan. Ilustrasi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendorong Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Pancasila bagi peserta didik baru di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

Langkah ini sebagai tindak lanjut seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang upaya membumikan kembali nilai-nilai Pancasila.

“Kami sepakat dengan Presiden Jokowi jika saat ini memang dibutuhkan upaya untuk kembali melakukan pribumisasi nilai-nilai Pancasila terutama untuk generasi muda. Kami pun mendorong agar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bisa menggelar Festival Pancasila bagi peserta didik baru di setiap level jenjang pendidikan,” ujar Syaful Huda, Kamis (2/6/2022).

Dia mengatakan saat ini ada ancaman kian tergerusnya nilai-nilai Pancasila sebagai norma bernegara dalam kehidupan sehari-sehari. Banyak anak muda yang kian hari tidak mengenal nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Bahkan untuk sekadar hapal bunyi teks Pancasila, banyak anak-anak kita yang tidak bisa melakukannya,” ujarnya.

Huda memahami jika saat ini situasi zaman telah banyak berubah. Generasi muda saat ini kian akrab dengan gadget dan berbagai perangkat digital berbasis internet. Situasi ini membuat mereka lebih menyukai berbagai konten kreatif yang bersifat menghibur dan easy going.

“Nah, selama ini upaya internalisasi Pancasila masih dilakukan secara konvensional baik melalui model menghapal atau bentuk ujian pelajaran di sekolah. Akibatnya generasi muda kita memandang konten Pancasila ini sebagai bebang dibandingkan sebagai nilai luhur yang menjadi inspirasi,” katanya.

Di masa lalu, kata Huda proses internalisasi Pancasila dilakukan secara masif dan dalam kurun waktu tertentu. Saat itu, setiap sekolah wajib mengadakan Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) bagi setiap peserta didik baru.

Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendorong Kemendikbudristek menggelar Festival Pancasila bagi peserta didik baru di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News