JPNN.com

Susah Payah Usaha, Penyandang Disabilitas Tidak Lolos CPNS

Kamis, 25 Oktober 2018 – 23:38 WIB Susah Payah Usaha, Penyandang Disabilitas Tidak Lolos CPNS - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Malang nian nasib SR seorang penyandang disabilitas. Setelah pontang-panting mengurus surat disabilitas untuk pendaftaran CPNS, Senin (22/10) kabar tidak enak menimpanya.

Dia dinyatakan gagal seleksi administrasi di sccndaftar.bkn.go.id. Saat itu dia mendaftar di Kementerian Keuangan.

Alasannya, dokumen yang dilampirkan tidak lengkap. Salah satunya tidak ada keterangan derajat disabilitas.

Keterangan di laman tersebut membuat perempuan 24 tahun itu kecewa. Sebab, saat mengurus keterangan surat disabilitas di RSUD dr Soetomo pada Kamis (11/10), dia sebenarnya telah menanyakan kolom derajat disabilitas tersebut.

Namun, pihak rumah sakit menjelaskan bahwa kolom itu tidak perlu diisi. Alasannya, pemohon lain yang mengurus surat disabilitas juga tidak mengisi keterangan tersebut.

Rumah sakit memastikan bahwa surat itu sudah dianggap valid karena telah berstempel RSUD dr Soetomo. Meski derajat disabilitasnya tidak diisi.

''Alasan lain rumah sakit mengosongi keterangan derajat disabilitas itu karena dokternya tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengisi kolom tersebut,'' jelas Dian Ika Riani, humas Komunitas Mata Hati.

Kondisi yang dialami SR tersebut, menurut Dian, menunjukkan bukti bahwa koordinasi antar-kementerian untuk menyiapkan persyaratan itu lemah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...