Susi Minta Calon Wakil Bupati Lebak Tambah Rp 1 Miliar untuk Akil

Susi Minta Calon Wakil Bupati Lebak Tambah Rp 1 Miliar untuk Akil
Susi Minta Calon Wakil Bupati Lebak Tambah Rp 1 Miliar untuk Akil

jpnn.com - JAKARTA -- Pengacara Susi Tur Andayani bukan hanya membantu pemberian suap untuk mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, ia juga yang menjadi pelobi bagi transaksi Akil dan kubu pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak Amir Hamzah-Kasmin.

Dalam pemeriksaan calon Wakil Bupati Lebak yang kalah, Kasmin, terungkap bahwa Susi juga meminta uang kepada Kasmin untuk Akil.

Hal ini diketahui ketika Jaksa KPK memutar hasil penyadapan rekaman telepon antara Susi dengan Kasmin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Senin, (17/3). Dalam rekaman itu, Susi meminta Kasmin menambah dana Rp 1 miliar untuk Akil Mochtar.

Dalam rekaman, terungkap Susi sudah dijanjikan Tubagus C Wardana (Wawan) sebesar Rp 1 miliar untuk Akil Mochtar. Namun Susi meminta agar jumlah ini bisa ditambah oleh Kasmin maupun calon bupati Lebak, Amir Hamzah.

"Sudah ketemu Pak Wawan, tapi itu masih kurang, kiloan masih kurang (1 miliar)," tutur Susi dalam percakapan itu.

Ia lalu meminta Amir dan Kasmin membicarakan pemberian dana itu, karena Amir sudah berdebat panjang lebar dengan Wawan. Menurut Susi, awalnya Amir juga tidak mau memberikan uang Rp 1 miliar itu.

"Satu juga tadinya enggak mau kasih. Terus saya debatin lah, enggak bisa gitu dong pak. Besok saya serahin ke Bu Susi jam 2," kata Susi lagi pada Kasmin menirukan perdebatannya dengan Amir.

Susi meminta setidaknya Amir maupun Kasmin menambah Rp 500 juta atau Rp 300 juta untuk Akil. Sisa uang pelicin akan ditagih Akil setelah pemutusan menang gugatan untuk kubu Amir dan Kasmin.

JAKARTA -- Pengacara Susi Tur Andayani bukan hanya membantu pemberian suap untuk mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, ia juga yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News