Swasembada Sapi Lima Tahun Lagi

Swasembada Sapi Lima Tahun Lagi
Swasembada Sapi Lima Tahun Lagi
JAKARTA--Target swasembada sapi yang dicanangkan Kementerian Pertanian pada 2014 sulit tercapai. Dengan melihat kondisi saat ini, menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan swasembada sapi baru bisa tercapai lima tahun ke depan.

"Tak mungkin tahun depan bisa swasembada daging sapi. Jadi impor masih akan panjang lima tahun lagi," ucapnya saat membuka diskusi Carut Marut Impor dan Masa Depan Swasembada Daging di Hotel Grand Hyat, Jakarta, Rabu (6/3).

Saat ini pihaknya memiliki satu program yang bisa meningkatkan perkembangbiakan sapi. Program itu sudah dimulai sejak tahun lalu. Program itu tercetus saat mengetahui hasil riset yang memghasilkan daun sawit bisa dijadikan pakan sapi. Dengan melihat potensi yang dimiliki PT Perkebunan Negara (PTPN), Kementrian BUMN mewajibkan BUMN beternak sapi.

"Saya pikir masalah utamanya produksi sapi adalah pakan sapi yang mahal. Jadi saya bikin program itu karena PTPN bisa memberi pakan ternak gratis. Tapi setelah berjalan ternyata, kendala utamanya bukan pakan tapi mencari anak sapi," terangnya. "

 

JAKARTA--Target swasembada sapi yang dicanangkan Kementerian Pertanian pada 2014 sulit tercapai. Dengan melihat kondisi saat ini, menurut Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News