Swasta Bangun Tiga PLTA, PLN Telah Terima Proposal

Swasta Bangun Tiga PLTA, PLN Telah Terima Proposal
Swasta Bangun Tiga PLTA, PLN Telah Terima Proposal
JAKARTA – PT PLN (Persero) telah menerima proposal dari beberapa pemrakarsa proyek untuk membangun tiga PLTA, yaitu yang terletak di Batang Toru (Sumatera Utara), Kerinci (Jambi) dan Karama (Sulawesi Barat). Ketiga PLTA tersebut termasuk dalam perencanaan jangka panjang PLN yang dituangkan dalam RUPTL 2011-2020. Proyek PLTA tersebut diperkirakan selesai 2018.

"PLN telah menetapkan bahwa ketiga PLTA tersebut tidak akan dibangun sendiri oleh PLN. Proyek ini akan diserahkan kepada pengembang swasta melalui skema Public Private Participation (PPP)," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji, kemarin (20/3). Oleh karena itu PLN sedang mengusulkan kepada Bappenas untuk pemprosesan lebih lanjut sebagai proyek PPP.

Mengingat biaya investasi yang cukup besar dan kemungkinan besar proyek PLTA ini akan didanai oleh lembaga pendanaan asing, maka PLN juga akan mengusulkan adanya penjaminan proyek ini melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). Adanya jaminan pemerintah akan memberikan kepastian bagi investor dalam berinvestasi dan menjamin kelancaran pelaksanaan proyek.

Nur melanjutkan, PLN menyambut baik setiap keinginan pihak swasta untuk berinvestasi di bidang kelistrikan. Partisipasi pihak swasta sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pasokan listrik dalam memenuhi laju pertumbuhan konsumsi listrik.

JAKARTA – PT PLN (Persero) telah menerima proposal dari beberapa pemrakarsa proyek untuk membangun tiga PLTA, yaitu yang terletak di Batang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News