Swiss Wajib Waspada, Starter atau Pemain Cadangan Spanyol Sama-Sama Bahaya

Swiss Wajib Waspada, Starter atau Pemain Cadangan Spanyol Sama-Sama Bahaya
Entrenador Spanyol Luis Enrique. Foto: Marca

jpnn.com, SAINT PETERSBURG - Spanyol memang memulai EURO 2020 dengan start yang lambat, yakni dengan hasil imbang melawan Swedia dan Polandia di penyisihan Grup E.

Namun, pada laga penentuan grup, La Roja mengamuk dan memukul Slovakia yang saat itu juga butuh poin untuk lolos, dengan skor kejam 5-0.

Di 16 Besar, tim racikan Luis Enrique ini bahkan diragukan bisa melewati Kroasia yang punya materi pemain lebih berpengalaman, masih banyak alumni Piala Dunia 2018.

Namun, penampilan dan terutama semangat juang anak-anak muda Spanyol, mampu meladeni dan mengalahkan Kroasia dengan skor 5-3, lewat babak perpanjangan waktu.

Marca menganalisis, salah satu kunci peningkatan performa Spanyol adalah kepintaran Enrique dalam memutuskan penggantian pemain. Memanfaatkan pemainnya dari bangku cadangan.

Melawan Kroasia, penampilan brilian Dani Olmo dan Mikel Oyarzabal dari bangku cadangan sangat penting.

Olmo tidak menjadi starter seperti yang dia lakukan melawan Swedia dan Polandia, dia tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan, saat dia masuk untuk mencatatkan dua assist di perpanjangan waktu.

Itu adalah cerita yang sama untuk Oyarzabal, yang belum menjadi starter di salah satu pertandingan Spanyol di EURO 2020. Namun, penampilannya yang luar biasa melawan Kroasia dibalas dengan mencetak gol kelima Spanyol di perpanjangan waktu.

Pelatih Spanyol Luis Enrique pintar memutuskan soal penggantian pemain. Sudah terbukti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News