Syahrul Yasin Limpo: Oposisi Jangan Cuma Cebang Cebong

Syahrul Yasin Limpo: Oposisi Jangan Cuma Cebang Cebong
Syahrul Yasin Limpo. Foto: dok/JPG

jpnn.com - Politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo ( SYL ) menyayangkan kualitas partai oposisi yang tak berkontribusi pada penyehatan demokrasi Indonesia. Menurut dia, kebanyakan perdebatan politik saat ini tidak substansial.

"Semua negara demokrasi butuh perdebatannya substansial. Jangan cuma 'cebang-cebong' atau melontarkan tudingan tanpa fakta dan data kuat," ujar pria yang akrab disapa SYL itu melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (31/3).

Mantan politikus Partai Golkar ini menambahkan, demokrasi tanpa oposisi menjadi tidak sehat.

Akan tetapi, oposisi yang sembarangan dengan tiba-tiba menyalahkan apapun langkah pemerintah juga tidak sehat dalam demokrasi.

"Kerja oposisi adalah kerja politik dan politik yang baik diarahkan untuk melayani kepentingan warga. Bukan sekadar melayani nafsu berkuasa," katanya.

SYL mengatakan, oposisi tentu saja harus mengkritik pemerintah. Tetapi, oposisi juga bertanggung jawab memastikan kritiknya tidak sembarangan dilontarkan. Sehingga, bisa dipertanggungjawabkan.

"Pemerintah dan oposisi seharusnya bekerja dengan cara masing-masing untuk kesejahteraan bangsa. Bukan sekedar membuat kegaduhan dengan pernyataan-pernyataan yang tidak substansial," ungkapnya.

Dia mencontohkan di sejumlah negara lain, politikus dari kubu oposisi sampai menulis artikel di jurnal ilmiah untuk menguatkan argumennya. Sehingga apa yang disampaikannya ada data-data atau bukti yang falid.

Politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo menyayangkan kualitas partai oposisi yang tak berkontribusi pada penyehatan demokrasi Indonesia

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News