JPNN.com

Syaikhona Kholil Diusulkan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Sabtu, 20 Maret 2021 – 18:12 WIB
Syaikhona Kholil Diusulkan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional - JPNN.com
Seminar nasional bertajuk 'Syaikhona Kholil Guru Pahlawan' di Surabaya, Sabtu (20/03/2021). Foto: ANTARA/Fiqih Arfani

jpnn.com, SURABAYA - DPP Partai NasDem berupaya agar ulama asal Madura Syaikhona Muhammad Kholil mendapat gelar Pahlawan Nasional pada tahun ini atau bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

"Harapan kami tahun ini. Makanya kami semua terus bergerak agar Agustus mendatang selesai dan November sudah ditetapkan," ujar Ketua DPP Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPP Partai NasDem Hasan Aminuddin di sela seminar nasional bertajuk "Syaikhona Kholil Guru Pahlawan" di Surabaya, Sabtu (20/3).

Hasan Aminuddin mengatakan, keluarga Syaikhona Kholil tidak memerlukan gelar tersebut

Namun, menurutnya, pemerintah wajib memberikan penghormatan kepada ulama yang dikenal sebagai guru para pahlawan nasional saat ini.

Bindereh Hasan, sapaan akrabnya, menjelasakan seminar ini tindak lanjut dari gagasan Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang saat ziarah ke Bangkalan pada 2010 berharap Syaikhona Kholil bergelar pahlawan.

"Kami terus mengumpulkan data dan dokumen, lalu berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya Pemkab Bangkalan. Sekali lagi, Syaikhona Kholil sangat-sangat layak menyandang gelar pahlawan nasional," ucapnya.

Sementara Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Abdul A'la yang pada kesempatan tersebut menjadi salah satu narasumber menjelaskan bahwa sampai saat ini kecintaan masyarakat terhadap Syaikhona Kholil tetap tidak luntur.

"Maqbarah Syaikhona Kholil menjadi tempat kunjungan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari mancanegara yang setiap hari tidak pernah sepi dari pengunjung," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...