Syarief Hasan: Empat Pilar Anugerah Besar Bangsa Indonesia yang Harus Dirawat

Syarief Hasan: Empat Pilar Anugerah Besar Bangsa Indonesia yang Harus Dirawat
Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan saat acara "Temu Tokoh Nasional Bersama Wakil Ketua MPR Syarief Hasan" di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (22/11). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, CIANJUR - Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE, MM, MBA mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia dianugerahkan oleh Tuhan Yang Mahaesa sesuatu yang sangat bernilai dan harus dijaga serta dirawat, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika atau lebih dikenal sebagai Empat Pilar MPR RI.

Menurutnya, menjadi sangat istimewa dan berharga buat bangsa Indonesia karena masing-masing nilai dalam Empat Pilar,  memiliki peran dan fungsi menakjubkan di  kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat.

"Indonesia tidak akan ada tanpa nilai-nilai itu sehingga menjaganya tetap ada di hati seluruh anak bangsa adalah satu keharusan," kata sosok yang kondang dengan nama Syarief Hasan itu. 

Syarief menyampaikan itu dalam acara 'Temu Tokoh Nasional Bersama Wakil Ketua MPR Syarief Hasan' kerja sama MPR dengan Komunitas Radio Pancar Ulang Antar Desa (KRPU AD/ RADESA) dan Forum Silaturahmi Pemuda Pemudi Jambudipa (FSPPJ), di GOR Koperasi Guru Anggayuh Mukti, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (22/11).  

Hadir dalam acara yang mematuhi protokol kesehatan ketat tersebut, Sekjen KRPU AD Agus Supriatna, Ketua FSPPJ Firman Felani, dan para peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat sekitar.

Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini kemudian menjelaskan satu per satu Empat Pilar.

Pertama, Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara Indonesia, terdiri dari lima sila yang menjadi landasan rakyat dalam berperilaku.

Seperti di sila pertama yakni Ketuhanan Yang Mahaesa, yang menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang masyarakatnya bertuhan bukan negara komunis.

Syarief Hasan menyatakan Indonesia tidak akan ada tanpa nilai-nilai Empat Pilar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News