JPNN.com

Syarief Hasan: Menteri Harus Percepat Bantuan untuk Pelaku UMKM

Selasa, 25 Agustus 2020 – 19:37 WIB
Syarief Hasan: Menteri Harus Percepat Bantuan untuk Pelaku UMKM - JPNN.com
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan tunai kepada 12 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, sebagai sektor paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

Apalagi di tengah perekonomian Indonesia terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Pelaku UMKM juga banyak yang terpaksa menutup usaha untuk sementara waktu maupun permanen karena tak punya modal lagi.

"Menteri-menteri harus mempercepat bantuan itu. UMKM perlu segera dibantu agar dapat hidup kembali. Begitu juga stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lain, harapannya segera direalisasikan," kata Syarief Hasan di Jakarta, Selasa (25/8).

Politikus Partai Demokrat ini menyebutkan, bantuan langsung untuk UMKM ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal berikutnya.

“Realisasi anggaran bantuan UMKM ini salah satu jalan untuk menguatkan kembali ekonomi Indonesia," tukas mantan Menteri Koperasi dan UKM ini.

Syarief juga menyoroti kinerja para menteri. Menurutnya, Presiden Jokowi justru terlihat lebih sering menyalurkan bantuan UMKM dibandingkan menteri yang seharusnya bekerja secara teknis.

Penilaian Syarief ini terkonfirmasi dengan seringnya Presiden Ketujuh RI itu mengeluhkan lambannya kinerja menteri dalam mengeksekusi berbagai program stimulus ekonomi di masa pandemi.

“Kunci dari bantuan langsung ini adalah percepatan. UMKM tidak boleh dipersulit dengan data dan alur birokrasi yang panjang dan melelahkan. Menteri-menteri harus melakukan reformasi birokrasi sehingga bantuan tersebut segera diterima oleh pelaku UMKM," tegas Syarief.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra