Syarief Hasan: Pancasila Sangat Istimewa Bagi Bangsa Indonesia

Syarief Hasan: Pancasila Sangat Istimewa Bagi Bangsa Indonesia
Syarief Hasan. Foto: Hunas MPR RI

jpnn.com, BOGOR - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengatakan Pancasila memiliki posisi istimewa bagi rakyat Indonesia sebagai dasar dan ideologi negara. Hal itu Pancasila mampu menyatukan bangsa dengan segala keberagaman.

Dia menyebutkan, dalam perjalanan sejarah bangsa, kemampuan Pancasila tersebut sudah terbukti, Indonesia bertahan dari segala permasalahan-permasalahan berat seperti pemberontakan yang dilakukan oleh PKI, berbagai konflik SARA yang terjadi di beberapa daerah, dan aksi terorisme serta radikalisme.

 

"Padahal perbedaan yang ada di Indonesia tidak sedikit. Logikanya, perbedaan yang banyak akan berpotensi besar bermasalah. Tetapi, itu ternyata tidak berlaku di Indonesia," kata pimpinan MPR yang akrab disapa dengan panggilan Syarief Hasan ini.

Hal itu disampaikannya dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Paguyuban Pekerja Bongkar Muat (P2BM), di Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/10).

 

Dalam forum yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat itu, hadir Ketua Organda Kota Bogor Muhammad Ishak, Ketua P2BM Kota Bogor Freddy Djuhardi serta para peserta sosialisasi anggota Organda dan P2BM juga masyarakat sekitar.

Pimpinan MPR dari Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan banyak negara yang tingkat perbedaannya tidak sekaya Indonesia, sudah tercerai berai dan hancur.  "Contohnya, Korea Selatan, Korea Utara, Uni Soviet, Suriah.  Kenapa seperti itu, karena mereka tidak mengenal dan tidak memiliki falsafah Pancasila," ujarnya.

Pancasila terbukti mampu bertahan dari rongrongan seperti pemberontakan PKI, konflik SARA terorisme dan radikalisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News