JPNN.com

Syarief Hasan: Upaya Pencegahan dan Kontra Radikalisasi adalah Kunci Memberantas Terorisme

Selasa, 13 April 2021 – 20:22 WIB
Syarief Hasan: Upaya Pencegahan dan Kontra Radikalisasi adalah Kunci Memberantas Terorisme - JPNN.com
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengatakan dengan berkembangnya teknologi informasi yang begitu pesat, generasi muda Indonesia diharapkan tetap bisa bangkit melakukan kreativitas dan berinovasi terhadap hal hal yang positif agar terhindar dari pengaruh dan bahaya paham radikal terorisme.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi I DPR RI, ini saat hadir menjadi narasumber pada acara forum diskusi publik bertema “Mitigasi dan Diseminasi Penanggulangan Terorisme di Indonesia” yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (12/4/2021) yang diikuti pelajar, mahasiswa, dan generasi muda melalui saluran daring.

Sosok yang beken dengan nama Syarief Hasan itu meminta masyarakat berperan aktif dalam menangkal masuknya paham radikalisme dan terorisme yang saat ini banyak disebarkan melalui dunia maya.

“Semua informasi yang ada, yang diterima tentunya kalau bisa disortir terlebih dahulu. Jangan langsung ditransmisikan atau disebar,” pesan Syarief.

Dia menyadari program-program yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan sosialisasi terhadap penanggulangan terorisme melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) selama ini patut untuk disikapi bahwa hal tersebut adalah demi kepentingan bangsa dan negara.

“Begitu juga program-program kontra radikalisme itu juga bisa dilakukan melalui pemahaman terhadap Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengatakan kalau itu bisa dipahami dengan utuh, maka terorisme tidak akan memiliki tempat di masyarakat. “Dengan demikian kita akan berhasil menanggulangi terorisme di Indonesia,” ujar dia.

Staf Ahli Menteri bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo) Prof Dr. Widodo Muktiyo mengatakan pihaknya sebagai institusi yang menyediakan infrastruktur dan juga mengelola komunikasi publik mendukung upaya BNPT yang selama ini telah memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia mengenai bahaya paham radikalisme dan terorisme.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...