Jumat, 20 Juli 2018 – 21:17 WIB

Sydney Investasi Lebih Besar untuk Ruang Terbuka Hijau

Senin, 09 April 2018 – 14:00 WIB
Sydney Investasi Lebih Besar untuk Ruang Terbuka Hijau - JPNN.COM

Kota Sydney akan mendapatkan lebih banyak ruang terbuka hijau setelah Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) menyisihkan $ 290 juta (sekitar Rp 3 triliun) untuk meningkatkan kualitas hidup di kota.

Sebagian dari alokasi dana yaitu sebesar $ 100 juta diperuntukkan bagi pembelian kembali lahan untuk kepentingan umum, termasuk Fernhill Estate di daerah Mulgoa dan perluasan Taman Western Sydney.

Sejumlah $ 20 juta dana lainnya akan digunakan untuk membangun atau meningkatkan 200 taman bermain.

Menteri Utama (Premier) NSW Gladys Berejiklian mengatakan hal ini merupakan pengakuan bahwa rakyat menghendaki lebih dari sekadar lapangan kerja dan infrastruktur.

"Kami menghargai bahwa masyarakat setempat bukan hanya membutuhkan jaringan transportasi, sekolah dan rumahsakit," katanya.

"Mereka juga menginginkan kelayakan hidup," tambah Berejiklian.

"Mereka ingin ruang terbuka. Mereka ingin tahu bahwa ada sesuatu yang mereka lebih suka datangi, untuk mendapatkan pengalaman setempat yang indah," ujarnya.

"Kami mengamati setiap suburb di Kota Sydney - dimana pun ada kesempatan bagi kami untuk mendapatkan sebidang tanah," katanya.

Menteri Perencanaan NSW Anthony Roberts akan mengatur pelaksanaan proyek ini dan belum menentukan daerah mana apa yang akan menjadi target.

Dia mengatakan alokasi pendanaan merupakan hadiah spesial bagi generasi mendatang.

"Sydney sudah menempati urutan ketiga di dunia terkait dengan akses ruang terbuka. Kita sangat bisa berbuat lebih baik dari itu dan menargetkan tempat pertama di dunia," katanya.

"Begitu ruang terbuka tersedia, kami akan menambahkannya ke lahan yang sudah kami beli," ujar Roberts.

"Ini pertama kalinya ada pemerintahan yang mengambil pendekatan strategis dan terencana mengenai bagaimana pertumbuhan Kota Sydney," tambahnya.

Harus melindungi yang ada

Namun juru bicara oposisi NSW urusan Lingkungan Hidup Penny Sharpe mengatakan Pemerintah NSW memiliki rekor buruk dalam pengelolaan ruang terbuka hijau.

"Ada pembangunan berlebihan di seluruh negara bagian. Mereka melepas ruang hijau dan banyak proyek infrastruktur mengorbankan banyak pohon daripada yang mereka ganti," katanya.

"Mereka juga perlu melihat peraturan dimana mereka mengizinkan menghilangkan pepohonan di negara bagian, khususnya di perkotaan. Sejumlah pembangunan berlebihan yang berlangsung saat ini akan mengakibatkan ratusan hektar pohon ditebangi di Sydney," ujar Sharpe.

"Ruang terbuka sangat penting namun kita juga harus memiliki komitmen untuk melindungi apa yang ada di sana," katanya.

Pengumuman mengenai alokasi dana selebihnya akan disampaikan pekan ini.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di ABC Australia.

 
SHARES
Komentar