TAFISA Games 2016, Momentum Promosi Kota Tua

TAFISA Games 2016, Momentum Promosi Kota Tua
Menpar Arief Yahya. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – TAFISA Games 2016 yang digelar di Jakarta membuat Destinasi Prioritas Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta naik daun. 

Pesta Olahraga Rekreasi Dunia  yang diikuti 84 negara itu langsung dijadikan momentum untuk mempromosikan kawasan Kota Tua, yang pernah ngetop sebagai Manhatten-nya Jakarta itu. 

“Setelah even TAFISA Games 2016, seluruh peserta kami ajak keliling Kota Tua pada Senin, 10 Oktober 2016. Kami sudah koordinasi pihak UPK Kota Tua dan pihak-pihak terkait,” terang Hiramsyah Syambudhy Thaib, Ketua Pokja 10 Top Destinasi Kemenpar, Minggu (10/10).

Ajakan berkeliling Kota Tua Jakarta itu bukan tanpa sebab. Selain cantik dan kaya akan sejarah, kawasan Kota Tua juga tengah diusulkan sebagai Situs Warisan UNESCO 2017. 

Itu artinya, dunia sudah melihat bahwa Indonesia, khususnya Jakarta, sudah mampu mengelola warisan budaya Kota Tua Jakarta. ”Status Situs Warisan UNESCO dapat membuat Kota Tua Jakarta kian populer dan semakin dilirik wisatawan.

 Karenanya seluruh peserta TAFISA Games dari 84 negara kami ajak berkeliling ke sana. Kami ingin tunjukkan bahwa Kota Tua Jakarta memang bagus dan indah. Dan ini bukan hanya cerita, tapi realitas,’ tambah Hiram – sapaan akrab Hiramsyah.

PIC Deatinasi Prioritas Kepulauan Seribu dan Kota Tua Kemenpar, Budi Faisal, ikut mengamini. Even TAFISA Games 2016, menurutnya memang sengaja dijadikan cantolan lantaran pesertanya datang dari beragam negara. Dan kebetulan, Kawasan Kota Tua memiliki karakter yang kuat.

Kawasan ini merupakan contoh unik sebuah  rencana kota kolonial Belanda, yang terinspirasi konsep kota ideal Simon Stevin. Di kawasan inilah VOC selama periode abad 17 dan 18 menguasai volume perdagangan terbesar di dunia. 

JAKARTA – TAFISA Games 2016 yang digelar di Jakarta membuat Destinasi Prioritas Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta naik daun.  Pesta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News