Tagih Janji Sutarman Berantas Jual Beli Kasus di Kepolisian

Tagih Janji Sutarman Berantas Jual Beli Kasus di Kepolisian
Tagih Janji Sutarman Berantas Jual Beli Kasus di Kepolisian

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman diminta untuk segera memenuhi janjinya membersihkan permainan dalam penanganan perkara di kepolisian. Terlebih lagi, Sutarman saat menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri di hadapan Komisi III DPR pernah berjanji memberantas jual beli kasus yang tengah ditangani polisi.

Menurut anggota Komisi III DPR dari Fraksi Hanura, Syarifudin Sudding, Sutarman harus memegang janjinya untuk memberantas berbagai praktik penyimpangan di kepolisian. Sebab, polisi harus bisa menjalankan fungsinya sebagai pelindung dan pelayan masyarakat. "Bukan sebaliknya, malah menyusahkan masyarakat,” katanya di Jakarta, Selasa (19/11).

Menurut Sudding, dirinya memang sering mendengar adanya jual beli kasus di kepolisian. Meski tidak memegang data pasti tentang kabar terkait jual beli kasus di kepolisian, namun Sudding berharap Sutarman tidak tutup mata terhadap anggota Polri yang nakal. "Kapolri Sutarman harus memperbaiki citra polisi dengan menindak tegas bawahannya yang kerap bermain-main kasus," cetusnya.

Sedangkan anggota Komisi III DPR lainnya, Eva K Sundari mengungkapan, selama ini yang jadi sorotan dalam jual beli kasus adalah penerbitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Atau, ada pula penyidikan yang terkesan tidak serius. Misalnya 9 kasus pengaduan buruh di wilayah Jawa Barat ke polisi, tak satupun dikabulkan pengadilan.

Atau, ada juga kasus malapraktik kedokteran. Eva mengaku memiliki data tentang 265 kasus malapraktik yang masuk ke kepolisian. Hanya saja, katanya, cuma 1 kasus yang lolos. "Itu pun karena Kapolresnya lulusan S2 kesehatan,” sebutnya.

Yang juga membuat Eva getir adalah kasus perdagangan manusia. Menurutnya, ada 50 kasus perdagangan manusia yang tak jelas juntrungnya.

Karenanya Eva berharap Sutarman bisa membuat skenario untuk mengakhiri praktik penyimpangan dalam penanganan kasus di kepolisian. "Sehingga semua kasus yang masuk ke penyidik kepolisian bisa dituntaskan dan tidak ada lagi jual beli kasus," cetusnya.

Terpisah, praktisi hukum Petrus Selestinus mengaku pesimistis praktik jual beli kasus di kepolisian bisa diakhiri. Pengacara yang sering berurusan dengan kepolisian itu mengatakan, ada banyak modus dalam jual beli kasus. Misalnya, menurunkan status tersangka menjadi saksi.

JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman diminta untuk segera memenuhi janjinya membersihkan permainan dalam penanganan perkara di kepolisian. Terlebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News