Tahir Foundation Tingkatkan Keterampilan 5000 Calon TKI

Tahir Foundation Tingkatkan Keterampilan 5000 Calon TKI
Menaker M. Hanif Dhakiri dan pendiri Tahir Foundation, Dato’ Sri Tahir Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Tahir Foundation berkomitmen membantu meningkatkan keterampilan calon pekerja migran Indonesia.

Komitmen itu tertuang dalam nota kesepahaman antara Tahir Foundation dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (8/2) di Jakarta.

Nota kesepakatan ditandatangani oleh pendiri Tahir Foundation, Dato’ Sri Tahir dan Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Inti dari nota kesepahaman tersebut adalah, Tahir Foundation akan membantu memberikan pelatihan peningkatan keterampilan bagi 5.000 calon pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia sebelum bekerja di luar negeri.

Pihak Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan tempat, sedangkan Tahir Foundation menyediakan alat pelatihan, instruktur serta biaya pelatihan. Kerja sama ini berlangsung selama lima tahun.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dato’ Tahir beserta seluruh jajaran Tahir Foundation yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi para calon pekerja migran Indonesia,” kata Menteri Hanif usai penandatangan.

Pada tahap awal, kerja sama akan ditempatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kementrian Ketenagakerjaan di Semarang Jawa Tengah, Lembang dan Serang Jawa Barat serta satu BLK di Jawa Timur.

Pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi calon pekerja migran sektor formal, bukan penata laksana rumah tangga.

Pemerintah ingin potensi dan kualitas pekerja migran Indonesia harus ditingkatkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News