Tahun Baru Sebaiknya di Rumah Saja, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Ada

Tahun Baru Sebaiknya di Rumah Saja, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Ada
Potensi cuaca ekstrem masih ada menjelang Tahun Baru. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi masih ada menjelang Tahun Baru.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan agar pemerintah daerah tetap waspada.

"Mengingatkan kepada teman-teman pemerintah daerah di Jawa, Bali, NTB (Nusa Tenggara Barat), kemudian Sulawesi Selatan, yaitu potensi hujan lebat hingga sangat lebat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin  malam (26/12).

Abdul juga memperingatkan agar wilayah-wilayah yang merupakan langganan bencana hidrometeorologi tertinggi, seperti pada Provinsi Jawa Barat, dan khususnya Kabupaten Bogor untuk berhati-hati pada banjir dan rawan longsor.

"Tidak terkecuali meskipun hujan sedang hingga lebat di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Maluku, Papua. Aceh masih ada daerah yang belum kering, sehingga dikhawatirkan kemudian daerah-daerah yang baru saja terkena banjir juga kembali basah," ujar dia.

BNPB meminta kesiapsiagaan masyarakat harus disiapkan, dan juga peran dari pemerintah daerah aparat TNI-Polri dan BPBD juga harus dipersiapkan, terutama komunitas.

Abdul menyarankan untuk kesiapsiagaan bencana cuaca ekstrem di tingkat masyarakat dengan mengaktifkan siskamling di tingkat RT dan RW.

"BMKG sudah menyampaikan di beberapa provinsi tadi cuaca ekstrem akan menurun sampai ke Tahun Baru setiap malam pergantian. Harus melihat benda-benda kalau cuaca hujan deras sudah terjadi lebih dari dua jam, maka segera evakuasi secara mandiri dan masyarakat pun harus mau evakuasi secara mandiri," ujar Abdul. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Menjelang Tahun Baru, BPNB mengingatkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi masih ada.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News