Tahun Depan, Rp 9,8 T Untuk BOS-SM

Nominal SPP Wajib Berkurang Minimal Separo

Tahun Depan, Rp 9,8 T Untuk BOS-SM
Tahun Depan, Rp 9,8 T Untuk BOS-SM
JAKARTA - Program penunjang wajib belajar 12 tahun mulai berjalan efektif tahun depan. Diantara caranya adalah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyalurkan Rp 9,8 triliun dana bantuan operasional sekolah menengah (BOS-SM).

Mendikbud Mohammad Nuh di Jakarta kemarin (24/8) mengatakan, seluruh dana BOS-SM periode 2013 meningkat cukup signifikan dibanding tahun ini. Dia mengatakan, tahun ini dana BOS-SM hanya sekitar Rp 1 triliun saja. "Karena tahun ini masih rintisan dulu, jadi tidak banyak-banyak," kata dia.

Untuk urusan pencairan, dana BOS-SM ini akan dikucurkan mirip dengan dana BOS SD dan SMP. Yaitu dari pemerintah pusat ke pemerintah provinsi lalu ke sekolah atau satuan pendidikan penerima.

Nuh mengatakan untuk tahun depan anggaran dana BOS-SM naik drastis karena jumlah penerima dan satuan harganya naik. Menteri asal Surabaya itu mengatakan, tahun depan dana BOS-SM dikucurkan untuk sekitar 9,8 juta siswa SMA, SMK, dan MA (Madrasah Aliyah) negeri maupun swasta. "Untuk MA juga kita cover, walaupun di bawah Kemenag (Kementerian Agama). Toh jumlah siswanya tidak signifikan," terang dia.

JAKARTA - Program penunjang wajib belajar 12 tahun mulai berjalan efektif tahun depan. Diantara caranya adalah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News