Tahun Ini Tes PPPK Guru, Nakes & Teknis Gunakan CAT BKN, Insyaallah Lancar 

Tahun Ini Tes PPPK Guru, Nakes & Teknis Gunakan CAT BKN, Insyaallah Lancar 
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen menyampaikan sejumlah kerja sama yang sudah dilakukan bersama dengan beberapa instansi pemerintah dalam upaya menyukseskan rekrutmen CASN 2023. Foto: tangkapan layar Zoom

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan portal pendaftaran melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dengan fitur tambahan berupa ASN Karier.

Tujuannya untuk membantu calon pelamar mendapat keterangan terkait rincian jabatan yang dibuka pada seleksi CASN 2023, baik untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen menyampaikan sejumlah kerja sama yang sudah dilakukan bersama dengan beberapa instansi pemerintah.

Mulai dari akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI), monitoring infrastruktur dan keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Selain itu, terkait dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN telah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbudristek serta SISDMK dari Kemenkes.

"Jadi, tahun ini sistem rekrutmen maupun tes, baik CPNS, PPPK guru, PPPK nakes, dan PPPK teknis menggunakan SSCASN serta CAT BKN,. Insyaallah lancar, apalagi Kemenkominfo memberikan dukungan juga," terang Deputi Suharmen.

Adapun untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

"Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya," kata Suharmen dalam Konferensi Pers BKN tentang Kesiapan Infrastruktur dan Teknologi Informasi Seleksi CASN 2023, Kamis (14/9) secara daring.

Simak penjelasan Deputi Sinka BKN Suharmen soal tes PPPK guru, nakes, dan teknis menggunakan CAT BKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News