Taiwan Mengaku di Ambang Peperangan Melawan Tiongkok, Australia Diminta Turun Tangan

Taiwan Mengaku di Ambang Peperangan Melawan Tiongkok, Australia Diminta Turun Tangan
Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan negerinya akan mempertahankan diri dari serangan militer China. (AP: Wu Taijing)

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, mengatakan negaranya sedang mempersiapkan diri untuk berperang melawan Tiongkok.

Mereka mendesak Australia untuk meningkatkan kerja sama keamanan dan berbagi data intelijen di saat Tiongkok meningkatkan intimidasi militer.

Belasan pesawat tempur militer Tiongkok yang disebut People's Liberation Army (PLA) hari Jumat terbang di atas kawasan Zona Pertahanan Udara Taiwan (AZIZ).

Ini membuat Taiwan kemudian mempersiapkan armada pesawat militer mereka.

Berbicara dalam program Tiongkok Tonight di ABC, Menlu Joseph mengatakan bila pesawat PLA melancarkan serangan, maka negaranya akan siap untuk mempertahankan diri.

"Pertahanan Taiwan berada di tangan kami sendiri dan kami sepenuhnya berkomitmen penuh," kata Joseph kepada Stan Grant dalam wawancara yang akan disiarkan Senin malam nanti di ABC.

"Bila Tiongkok melancarkan perang terhadap Taiwan, kami mempertahankan sampai titik akhir, dan itu adalah komitmen kami."

"Saya yakin bila Tiongkok melancarkan serangan terhadap Taiwan, mereka juga akan mengalami penderitaan besar."

Menteri Luar Negeri Taiwan mengatakan negaranya sedang mempersiapkan diri berperang melawan Tiongkok dan mendesak Australia untuk meningkatkan kerja sama keamanan dan berbagi data intelijen

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News