Tak Hanya Penghias Kue, Ceri Punya 4 Khaiat untuk Kesehatan

Tak Hanya Penghias Kue, Ceri Punya 4 Khaiat untuk Kesehatan
Buah ceri. Foto: Pixabay

jpnn.com - Buah ceri ternyata tak hanya untuk penghias kue. Terdiri dari dua jenis, yakni manis dan asam, buah ceri memiliki atribusi kesehatan positif.

Ternyata jus ceri juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Berikut manfaat jus ceri sebagaimana dilansir dari Byrdie, Jumat (1/2).

1. Peningkatan Kesehatan Jantung

Para peneliti percaya ceri asam atau dikenal ceri tart dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kardiovaskular karena jumlah antosianinnya. Antosianin adalah pigmen biru, merah, atau ungu yang ditemukan pada tanaman dan merupakan jenis flavonoid, kelas senyawa dengan efek antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, mengurangi peradangan, dan meningkatkan lemak perut. Selain itu, orang dewasa yang minum jus ceri tart mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan lipoprotein densitas rendah (LDL), atau kolesterol jahat.

2. Tidur Lebih Baik

Ceri tart adalah sumber alami melatonin, hormon pemicu tidur yang naik dan turun. Para peneliti percaya kombinasi melatonin dan antosianin dalam ceri bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Satu studi menemukan orang dewasa yang minum dua porsi konsentrat jus ceri setiap hari selama tujuh hari tidur rata-rata sekitar 40 menit lebih lama dan mengalami peningkatan efisiensi tidur hingga enam persen, dibandingkan dengan peserta yang minum minuman lain.

Buah ceri ternyata tak hanya untuk penghias kue. Terdiri dari dua jenis, yakni manis dan asam, buah ceri memiliki atribusi kesehatan positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News