Tak Hanya untuk Dekorasi, Bunga Dandelion juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Tak Hanya untuk Dekorasi, Bunga Dandelion juga Bermanfaat untuk Kesehatan
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - Kebanyakan orang berpikir bahwa bunga dandelion adalah bunga yang hanya bermanfaat untuk dekoratif atau hiasan saja. Namun, bunga ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bunga dandelion yang harus Anda ketahui, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (1/1).

1. Membantu Memerangi Peradangan

Polisakarida dari dandelion memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang memainkan peran yang menjanjikan dalam hal ini. Dandelion bekerja dengan mengurangi produksi sitokin pro-inflamasi, yang merupakan senyawa yang biasanya terlibat dalam peradangan tubuh.

2. Bisa Memangkas Risiko Kanker

Studi yang dilakukan pada akar dandelion dan ekstrak serai menemukan bahwa ia memiliki potensi anti-kanker. Akar dandelion ditemukan mampu untuk menginduksi apoptosis (kematian sel kanker) dan meningkatkan efek kemoterapi. Penelitian ini dilakukan pada sel kanker prostat. Ekstrak akar dandelion bisa menjadi alternatif anti-kanker yang tidak beracun dan efektif.

3. Membantu Pengobatan Diabetes

Asam chicoric dan klorogenik dalam dandelion memiliki potensi besar sebagai nutraceuticals anti-diabetes dan obat-obatan untuk mengatur diabetes. Asam chicoric mengandung senyawa fenolik yang bisa meningkatkan efek anti-diabetes yang terkandung dalam bunga dandelion ini.

Bunga Dandelion menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya memangkas risiko kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News