Tak Kendur Diadang Pandemi Covid-19, Karang Taruna Tangsel Aktif Memberdayakan Ekonomi Rakyat

Tak Kendur Diadang Pandemi Covid-19, Karang Taruna Tangsel Aktif Memberdayakan Ekonomi Rakyat
Pemuda melalui Karang Taruna Tangsel aktif memberdayakan ekonomi rakyat, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Foto: Kemensos.

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para pemuda di Kota Tangerang Selatan, Banten, mengelola dan mengembangkan berbagai usaha produktif. Para pemuda melalui Karang Taruna mengembangkan berbagai usaha perikanan, udang galah, kerajinan, dan kegiatan sosial lainnya.

Salah satunya adalah Karang Taruna Kelurahan Setu yang tengah giat mengembangkan berbagai usaha produktif, dari perikanan, dan udang galah. Pembina Karang Taruna Setu Syahrul mengatakan usaha ekonomi mampu membantu meringankan sebagian beban hidup masyarakat sekitar.

Menurutnya, usaha ekonomi kecil ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi pemuda setempat dan memanfaatkan lahan yang terbengkalai untuk usaha.

“Keramba yang ada sudah puluhan dengan memanfaatkan lahan sawah yang sudah tidak terpakai, juga danau di belakang kelurahan. Usaha ini melibatkan anak-anak muda yang tidak punya pekerjaan,” katanya dalam siaran pers Kemensos, Sabtu (21/5).

Menurutnya, selain memberdayakan pemuda yang masih menganggur, usaha keramba ini juga bisa mempekerjakan pembuat keramba.

“Sesuai dengan motto Karang Taruna Setu, Bang Diki (Bangkit Mandiri di Kaki Sendiri), serta Bang Wira (Pengembangan Wirausaha), Karang Taruna Setu berupaya agar masyarakat bisa survive di masa pandemi,” kata Ketua Karang Taruna Setu Tahun 2021-2025 Ade Aulia.

Menurutnya, usaha Karang Taruna tersebut tidak banyak menghadapi kendala di masa pandemi Covid-19.

Dia menambahkan pada masa pandemi ini, hasil penjualan tidak berpengaruh, tinggal bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan bahwa tetap aman meskipun datang langsung ke keramba.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para pemuda melalui Karang Taruna di Kota Tangerang Selatan, Banten, mengelola dan mengembangkan berbagai usaha produktif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News