Tak Malu Sebut Diri Bang Toyib, Hanya Sempat Tidur Ayam

Tak Malu Sebut Diri Bang Toyib, Hanya Sempat Tidur Ayam
Asisten Manager Humas Operasi PT ASDP Cabang Merak Mario S Utomo yang bertugas melayani penyeberangan dari Merak ke wilayah Sumatera, Sabtu (3/8). Foto: Natalia Laurens/JPNN

Bang Toyib
Bang Toyib
Bang Toyib
Kenapa tak pulang pulang
Anakmu...anakmu
Panggil panggil namamu

Sepenggal lagu dangdut berjudul "Bang Toyib" ini sudah tak asing di telinga penggermarnya. Menggambarkan kehidupan seseorang yang tak jua pulang ke rumah karena kesibukannya. Gambaran ini pula yang dirasakan para petugas pelayanan publik di masa libur Lebaran ini. Mereka adalah para staf PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) yang bertugas di Pelabuhan Merak.

Laporan: Natalia Laurens, Banten

Para staf PT ASDP tetap masuk dan melayani penyeberangan dari Merak ke wilayah Sumatera.  Mereka berganti shift setiap 12 jam. Hingga hari Idul Fitri pun, para petugas tidak dapat berlibur layaknya pekerja lainnya karena harus bertugas.

Asisten Manager Humas Operasi PT ASDP Cabang Merak Mario S. Utomo tanpa malu-malu mengakui dirinya bahkan sudah seperti Bang Toyib.

"Kalau kita ini lebih dari Bang Toyib. Tiga kali puasa, tiga kali Lebaran bisa enggak pulang-pulang," kata Mario saat berbincang dengan JPNN di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8).

Mario terlihat tetap ceria, meski kesibukan terus mengejarnya. Sambil berbincang, tangannya tak henti-henti menerima telepon, baik dari staf lainnya, pemudik sampai dengan wartawan yang meliput di Merak. Tak jarang ia meninggalkan perbincangan dengan teman-temannya atau wartawan untuk memonitor keadaan di pelabuhan, hingga di atas kapal.

Kesibukan ini sudah sering ia rasakan, hingga lelah pun jadi tak terasa dan sudah menjadi kebiasaan.  Keluarga, kata dia, sudah tak perlu bertanya lagi, kemana ia saat Lebaran ini, karena mengetahui kesibukannya mengurus arus mudik di Merak.

Bang Toyib Bang Toyib Bang Toyib Kenapa tak pulang pulang Anakmu...anakmu Panggil panggil namamu Sepenggal lagu dangdut berjudul "Bang Toyib"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News