Tak Mau Lagi Kebobolan Paspor Aspal

Tak Mau Lagi Kebobolan Paspor Aspal
Tak Mau Lagi Kebobolan Paspor Aspal
JAKARTA—Kementrian Hukum dan HAM mulai serius membenahi membenahi prosedur pembuatan paspor. Salahsatunya adalah dengan meningkatkan protap mengeluarkan paspor termasuk mekanisme pemusnahan paspor yang tidak terpakai. Langkah ini dilakukan paska terbongkarnya kasus paspor asli tapi palsu milik mafia pajak Gayus Tambunan.

‘’Protap sedang kita sempurnakan. Misalnya dalam persoalan penyimpangan paspor yang tidak terpakai, proses pemusnahan yang harus jelas dan server yang sangat canggih,’’ kata Menkumham Patrialis Akbar kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/2).

Server untuk pembuatan paspor nantinya kata Patrialis tidak bisa sembarang diakses. Bahkan akan dibuat dengan sterilisasi tingkat tinggi yang tidak bisa diakses dengan mudah.

‘’Kalau server di kantor pusat itu jangankan orang luar, orang imigrasi sendiri yang tidak bertugas di situ akan steril area. Meskipun pejabat imigrasi kalau tidak punya kapasitas maka dia tidak bisa masuk kesitu,’’ tegas Patrialis.

JAKARTA—Kementrian Hukum dan HAM mulai serius membenahi membenahi prosedur pembuatan paspor. Salahsatunya adalah dengan meningkatkan protap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News